Beranda / Kurikulum

Kurikulum

 Selasa, 05 September 2017 12:09 am   Wiyatamandala School of Business

Proses pembelajaran yang interaktif dan inovatif membuat belajar akuntansi di Wiyatamandala School of Business terasa menyenangkan dan tidak membosankan untuk mencapai target kompetensi di setiap mata kuliah, sehingga akan menghasilkan lulusan yang kreatif. Praktik-praktik di setiap konsentrasi mata kuliah diselenggarakan untuk memastikan lulusan Wiyatamandala School of Business siap menghadapi tantangan dunia kerja.

Peminatan di Program Studi Akuntansi

Program Studi Akuntansi Wiyatamandala School of Business akan menyelenggarakan 4 peminatan yaitu :

  1. Financial Accounting (Akuntansi keuangan)

Peminatan ini dirancang sedemikian rupa untuk menghasilkan Sarjana Ekonomi di bidang akuntansi yang memiliki kompetensi tinggi dalam mengelola informasi akuntansi dan menyiapkan laporan keuangan untuk memenuhi kebutuhan pihak eksternal baik pada tingkat regional, nasional maupun multinasional. Sarjana yang dihasilkan mampu menguasai dan menerapkan Standar Akuntansi Keuangan sesuai Prinsip Akuntansi yang Berterima Umum (PSAK) yang memiliki konvergensi dengan kaidah-kaidah International Financial Reporting Standard (IFRS) yang berlaku efektif di Indonesia sejak tahun 2012 secara profesional, memiliki wawasan dan orientasi ICT yang relevan dan mampu mendukung pemberdayaan standar-standar akuntansi keuangan sesuai kaidah IFRS.

  1. Auditing (Pemeriksaan Akuntansi)

Peminatan ini dirancang sedemikian rupa untuk menghasilkan Sarjana Ekonomi di bidang akuntansi yang memiliki kompetensi tinggi di bidang Pemeriksaan akuntansi sesuai Prinsip Akuntansi yang Berterima Umum (PSAK) yang memiliki konvergensi dengan kaidah-kaidah International Financial Reporting Standard (IFRS), memiliki wawasan dan orientasi ICT dan mampu memanfaatkan ICT dalam menjalankan profesi sebagai akuntan, memiliki kemampuan melakukan eksternal audit untuk menilai kewajaran laporan keuangan perusahaan atau sebagai internal audit yang melakukan evaluasi internal dan memberikan saran untuk peningkatan kinerja perusahaan sesuai aturan yang berlaku dengan memperhatikan Kode Etik Profesi Akuntan, serta siap bekerja sebagai Akuntan Eksternal di Kantor Akuntan Publik maupun sebagai Akuntan Internal di berbagai jenis perusahaan baik pada tingkat regional, nasional maupun multinasional.

  1. ManagementAccounting (Akuntansi manajemen)

Peminatan ini dirancang sedemikian rupa untuk menghasilkan Sarjana Ekonomi di bidang akuntansi yang memiliki kompetensi tinggi dalam mengelola informasi akuntansi dan menyiapkan laporan keuangan untuk memenuhi kebutuhan pihak internal perusahaan, agar pihak internal perusahaan dapat memberdayakan informasi-informasi keuangan dalam rangka pembuatan keputusan yang efektif dan efisien. Sarjana yang dihasilkan mampu menguasai dan menerapkan Standar Akuntansi Keuangan sesuai Prinsip Akuntansi yang Berterima Umum (PSAK) yang memiliki konvergensi dengan kaidah-kaidah International Financial Reporting Standard (IFRS) secara profesional, memiliki wawasan dan orientasi ICT yang relevan dan mampu mendukung pemberdayaan standard-standard akuntansi keuangan sesuai sesuai Prinsip Akuntansi yang Berterima Umum (PSAK) yang memiliki konvergensi dengan kaidah-kaidah IFRS.

  1. Public sector &taxation (Akuntansi sektor publik & perpajakan)

Peminatan ini dirancang sedemikian rupa untuk menghasilkan Sarjana Ekonomi di bidang akuntansi yang memiliki kompetensi tinggi di bidang Akuntansi sektor publik & perpajakan sesuai Prinsip Akuntansi yang Berterima Umum (PSAK) yang memiliki konvergensi dengan kaidah-kaidah International Financial Reporting Standard (IFRS). Lulusan yang dihasilkan memiliki wawasan dan orientasi ICT dan mampu memanfaatkan ICT dalam menjalankan profesi sebagai akuntan yang mampu mengelaborasi prinsip-prinsip dan kaidah-kaidah akuntansi dalam ketentuan-ketentuan perpajakan dan ketentuan-ketentuan yang diberlakukan oleh pemerintah setempat maupun ketentuan-ketentuan umum yang berlaku pada aras internasional, memiliki kemampuan melakukan perhitungan dan menganalisis pemecahan masalah perpajakan, melakukan rekonsiliasi fiskal dan perencanaan perpajakan sesuai dengan aturan yang berlaku, serta siap bekerja sebagai Tax Auditor dan/atau Tax Consultant di berbagai jenis perusahaan.

Pemilihan terhadap peminatan ini akan tercermin pada mata kuliah pilihan di semester 5, semester 6, semester 7, serta pemilihan topik skripsi di semester akhir.

Kompetensi Lulusan

Program Studi Akuntansi merumuskan standar kompetensi utama dengan tiga aspek, yakni KSA (Knowledge, Skill, Attitude)sehingga lulusan program studi Akuntansi Wiyatamandala School of Business memiliki kompetensi untuk :

  1. Menguasai dan mampu menerapkan keahlian dasar akuntansi untuk perusahaan yang bergerak dalam bidang industri kreatif.
  2. Memiliki jiwa dan keahlian wirausaha, serta kepekaan sosial yang tinggi.
  3. Memiliki pengetahuan umum terhadap teknologi informasi terkini dan wawasan global terhadap bisnis.
  4. Berbudi pekerti luhur, memiliki komitmen dan tanggung jawab, berpegang teguh pada prinsip kejujuran, serta menghargai etika bisnis dan profesi.

Kompetensi pendukung, yakni :

  1. Memiliki jiwa leadership dan teamwork.
  2. Menguasai bahasa Inggris dengan baik.
  3. Mempunyai kreativitas dan inovasi.
  4. Memiliki kemampuan presentasi dan public speaking yang baik.
  5. Mampu beradaptasi dengan dunia kerja dan perkembangan bisnis Internasional yang dinamis.

Peluang Karir Lulusan Program Studi Akuntansi

Lulusan program studi Akuntansi Wiyatamandala School of Business dapat berkarir di bidang-bidang sebagai berikut:

  1. Internal Auditor
  2. External Auditor
  3. Tax Consultant
  4. Tax Adviser
  5. Auditor
  6. Financial Controller
  7. Strategic Planning
  8. Financial Analyst
  9. Akuntan pemerintah (di instansi pemerintah maupun BUMN/BUMD)
  10. Entrepreneur yang memahami akuntansi, keuangan dan pajak di era ICT

Bagikan halaman ini